Eps.4
Assalamualaikum wr wb
Publik,ciri & kategorinya
1. Pengertian Publik
Dalam ruang lingkup hidup manusia erat kaitannya dengan masyarakat sampai tak
bisa dipisahkan karena seseorang hidup memiliki lingkungan dimana dari kanan
maupun dari kiri ini ada manusia lain dengan hitungan yang bukan satu dan dua
orang terkecuali hidup di daerah yang jauh dari pemukiman. Dengan kata lain
hidup manusia selalu berhubungan mengingat bahwa manusia adalah mahluk sosial
yang tidak bisa hisup sendiri untuk memenuhi kebutuhannya.
Sekelompok manusia yang terdiri dari jumlah manusia yang tak sedikit ini
membrntuk sebuah kelompok yang dinamakan publik . Publik adalah sekelompok
orang (atau satu orang) yang jelas, yang menjalin atau harus menjalin hubungan
istimewa dengan perusahaan. Dalam definisi sederhana, publik juga bisa
diartikan sebagai banyak orang atau juga umum. Seperti makna dari ruang publik,
konsumsi publik, dan lain sebagainya.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi publik:
NIELS MULDER
Publik adalah pihak yang menerima, dan karena pembangunan
ekonomi adalah tujuan kebijakan yang paling menonjol, maka bisnis dan negara
atau politik uanglah yang menjadi pemain utama dalam gelanggang politik
IMMANUEL KANT
Publik bukan lagi para pejabat atau institusi politis,
melainkan masyarakat warga (civil society) yang kritis dan berorientasi pada
kepentingan moral universal umat manusia
SUKADJI G
Publik adalah sejumlah orang, yang dalam kesempatan tertentu,
di tempat tertentu, akan berkomunikasi dengan kita
LATIPAH HENDRATI
Publik adalah komunitas masyarakat tertentu
Dari beberapa ahli menyatakan publik dari segala sudut pandang namun yang bisa
kita pahami adalah publik terdiri dari sejumlah orang yang ada karena
kepentingan yang sama dengan segala ketentuan yang sama namun
memungkinkan untuk tidak saling mengenal satu sama lain .
Publik dari mata Jurnalistik maupun Public Relations memiliki bebrapa kesamaan
yaitu , sama-sama menjadi objek . Jurnalistik menjadikan Public sebagai objek ,
sasaran , yang mendapatkan efek ,serta pemeran dalam beberapa hal sedangkan
Public Relations mengarahkan bahwa Pulik juga sebagai objek,sasaran untuk
membina hubungan baik ,sebagai responden serta penilai dari kinerja maupun usha
dari seorang Publik Realyions sebagai perwakilan sebuah perusahaan maupun
instansi.
2. Ciri-ciri Publik
- Tidak direncanakan
- Terbentuk karena ada perhatian yang di satukan ,seperti pendengar radio dl
- Tidak ada interaksi secara terus menerus
- Tidak ada kesadaran berkelompok
- Kehadiranya tidak konsta
3. Kategori didalam Publik
1.Non publik
Yaitu Publik yang tidak tercampur karena pengaruh atapun terpengaruh organisasi
.
Contoh:
Seorang penyapu jalanan yang ada di daerah Subang tidak akan
memiliki pengaruh dan tidak akan dipengaruhi oleh publik yang ada di Jakarta.
2. Publik Laten
Yaitu kelompok atau Publik yang menghadapi masalah tertentu
sebagai akibat tindakan perusahaan, namun mareka tidak mengetahui akibat
tersebut sebagai produk perusahaan
Contoh :
Sebuah perusahaan yang akan membangun gedung dan melakukan
perluasan tanah yang akan mengurangi populasi tanaman hijau di derah teersebut
namun, publik tersebut tidak menyadarinya .
3. Publik sadar
Yaitu Publik yang mengetahui adanya permasalah
Contoh :
Sebuah Super Market akan membangun cabang baru diderah
tersebut dan menyebarkan informasi perihal pembangunan Cabang Super Market
tersebut.
4. Publik apatis
Yaitu publik yang pada dasarnya tidak peduli dengan seluruh
permasalahan yang teerjadi di sekiar dirinya maupun yang meninpanya dan
secara umum tidak termasuk publik.
5. Publik aktif
Yaitu kelompok melakukan sesuatu terhadap masalah tertentu
merespn dan menanggapi persoalan yang dihadapi.
Contoh :
Publik yang mengadakan unjuk rasa maupun komplen dengan
melakukan pengepungan terhadap salah satu perusahann yang mencemari lingkungan
dan sumber air meraka
Itulah beberapa pemaparan yang dikumpulkan penulis , semoga
bisa menjadi referensi serta bila ada kekurangan maupun kesalahan , akan
penulis terima sebagi motivasi penulis dikemudian hari . Terimaksih
Wassalam …
Thanks To
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar