Senin, 14 November 2016

Perbedaan Kerumunan (Crowd),Publik dan Massa

Eps.5
Assalamualaikum…

Perbedaan Kerumunan (Crowd),Publik dan Massa

            Pada beberapa kejadian dan peristiwa sering kali menyedot perhatian orang banyak baik berbentuk sekumpulan kerumunan (crowd) ,publik dan massa . Diantara ketiganya sama-sama melibatkan lebih dari dua sapai 5 orang dan bisa mencapai seribu sampai tak terbilang . Ini bisa terjadi pada ssat-saat tertentu dimana kejadian ini viral dimasyarakat dan mengundang penasaran orang banyak ataupun menjadi perhatian orang banyak.


            Dari semua aspek,bagaimana orang banyak ini bisa berkumpul terbagi menjadi tiga, yaitu kerumunan (drowd),publik dan massa, dan berikut perbedaanya.


1.       Kerumunan (Crowd)
Kerumunan adalah suatu perkumpulan antara diri sendiri dengan orang banyak yang dapat menimbulkan sifat panik,emosional,bahagia atau senang serta sifat yang mencerminkan perilaku tidak bermoral dimata Kerumunan adalah perkumpulan orang-orang yang sama saat punya kepentingan yang sama .
Contoh :
·         terjadi kecelakaan dijalan raya dan oarang-orang berkerumun untuk menolong korban atau hanya sekedar melihatnya.
·         Diskon 50% di suatu pusat perbelanjaan.
Kerumunan dapat diartikan individu-individu uang bergabung atau menghimpun diri untuk mengerubungi sesuatu. Kerumunan lebih mudah di hasut dan digerakan dari pada massa dan publik, Objek yang menjadi perhatian kerumunan adalah kejadian yang sedang terjadi saat itu.



2.      Publik
Public dalam bahasa indonesia diterjemahkan sebagai “Publik”, yaitu salah satu kelompok dalam masyarakat dimana didalam masyarakat yang sifatnya heterogen terdapat sekelompok orang yang sifatnya homogen . Yang homogen inilah yang dapat dikategorikan sebagai publik.Secara universal publik adalah “ Sekelompok orang yang mempunyai minat ddan perhatian yang sama terhadap sesuatu hal”. Dikatedorikan menjadi empat golongan ;

1.      Publik secara Kuantitatif
Publik terbentuk jika didalamnya memenuhi syarat jumlah.

2.      Publik secara Geografis
Publik adalah jika didalamnya terdapat tanda adanya sejumlah otang yang berkumpul bersama-sama disuatu tempat/wolayah tertentu.

3.      Publik secara Psikologis
Publik adalah jika didalamnya ditandai dengan adanya sejumlah orang yang sama-sama mempunyai minat dan perhatrian yang sma terhadap suatu hal .

4.      Publik secara Sosiologis
Publik ditandai dengan adanya sejumlah orang yang mempunyai keinginan yang sama,dasar yang sama, dan berkehendak untuk memecahkan masalah sosial secara bersama-sama.



3.      Massa
Massa secara umum berbeda dengan pengertian massa dalam komunikasi, orang yang tudak saling mengenal , berjumlah abnyak,anggitanya heterogen,berkumpul si suatu tempat dan tidak individualistis. Massa memiliki kesadaran diri yang rendah, tidak dapat bergerak dengan terorganisir, tidak bertindak untuk dirinya sendiri melainkan terdapat "dalang" di belakangnya yang berfungsi memanipulasi mereka. Ini berbeda pengertiannya bila dikaitkan dengan ilmu komunikasi. Massa dalam komunikasi lebih merujuk pada penerima pesan media massa atau disebut audience..

Itulah beberapa pemaparan yang dikumpulkan penulis , semoga bisa menjadi referensi serta bila ada kekurangan maupun kesalahan , akan penulis terima sebagi motivasi penulis dikemudian hari . Terimaksih 

Wassalam…


Thanks to

Sumber

Buku

Yulianita,Neni.,2012,Dasar-dasar Public Relations.Bandung:Pusat penerbit Lembaga penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ilman Bandung (P2U-LPPM UNISBA)


Intaernet

Hanifsos.blogspot.co.id
Kompasiana.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Perubahan_sosial



Share:

0 komentar:

Posting Komentar