Eps.5
Assalamualaikum…
Perbedaan Kerumunan (Crowd),Publik dan
Massa
Pada
beberapa kejadian dan peristiwa sering kali menyedot perhatian orang banyak
baik berbentuk sekumpulan kerumunan (crowd) ,publik dan massa . Diantara
ketiganya sama-sama melibatkan lebih dari dua sapai 5 orang dan bisa mencapai
seribu sampai tak terbilang . Ini bisa terjadi pada ssat-saat tertentu dimana
kejadian ini viral dimasyarakat dan mengundang penasaran orang banyak ataupun
menjadi perhatian orang banyak.
Dari
semua aspek,bagaimana orang banyak ini bisa berkumpul terbagi menjadi tiga,
yaitu kerumunan (drowd),publik dan massa, dan berikut perbedaanya.
1. Kerumunan (Crowd)
Kerumunan adalah suatu
perkumpulan antara diri sendiri dengan orang banyak yang dapat menimbulkan
sifat panik,emosional,bahagia atau senang serta sifat yang mencerminkan
perilaku tidak bermoral dimata Kerumunan adalah perkumpulan orang-orang yang
sama saat punya kepentingan yang sama .
Contoh :
·
terjadi kecelakaan
dijalan raya dan oarang-orang berkerumun untuk menolong korban atau hanya
sekedar melihatnya.
·
Diskon 50% di suatu
pusat perbelanjaan.
Kerumunan dapat
diartikan individu-individu uang bergabung atau menghimpun diri untuk
mengerubungi sesuatu. Kerumunan lebih mudah di hasut dan digerakan dari pada
massa dan publik, Objek yang menjadi perhatian kerumunan adalah kejadian yang
sedang terjadi saat itu.
2. Publik
Public
dalam bahasa indonesia diterjemahkan sebagai “Publik”, yaitu
salah satu kelompok dalam masyarakat dimana didalam masyarakat yang sifatnya heterogen
terdapat sekelompok orang yang sifatnya homogen . Yang homogen inilah yang
dapat dikategorikan sebagai publik.Secara universal publik adalah “ Sekelompok
orang yang mempunyai minat ddan perhatian yang sama terhadap sesuatu hal”.
Dikatedorikan menjadi empat golongan ;
1. Publik
secara Kuantitatif
Publik terbentuk jika didalamnya memenuhi syarat jumlah.
2. Publik
secara Geografis
Publik adalah jika didalamnya terdapat tanda adanya sejumlah
otang yang berkumpul bersama-sama disuatu tempat/wolayah tertentu.
3. Publik
secara Psikologis
Publik adalah jika didalamnya ditandai dengan adanya
sejumlah orang yang sama-sama mempunyai minat dan perhatrian yang sma terhadap
suatu hal .
4. Publik
secara Sosiologis
Publik ditandai dengan adanya sejumlah orang yang mempunyai
keinginan yang sama,dasar yang sama, dan berkehendak untuk memecahkan masalah
sosial secara bersama-sama.
3. Massa
Massa
secara umum berbeda dengan pengertian massa dalam komunikasi, orang yang tudak
saling mengenal , berjumlah abnyak,anggitanya heterogen,berkumpul si suatu
tempat dan tidak individualistis. Massa memiliki kesadaran diri yang rendah, tidak dapat
bergerak dengan terorganisir, tidak bertindak untuk dirinya sendiri melainkan
terdapat "dalang" di belakangnya yang berfungsi memanipulasi mereka.
Ini berbeda pengertiannya bila dikaitkan dengan ilmu komunikasi. Massa dalam
komunikasi lebih merujuk pada penerima pesan media massa atau disebut audience..
Itulah beberapa pemaparan yang dikumpulkan penulis , semoga
bisa menjadi referensi serta bila ada kekurangan maupun kesalahan , akan
penulis terima sebagi motivasi penulis dikemudian hari . Terimaksih
Wassalam…
Thanks to
Sumber
Buku
Yulianita,Neni.,2012,Dasar-dasar Public Relations.Bandung:Pusat
penerbit Lembaga penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ilman
Bandung (P2U-LPPM UNISBA)
Intaernet
Hanifsos.blogspot.co.id
Kompasiana.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Perubahan_sosial
0 komentar:
Posting Komentar