Analisis Materi Media, Gaya Hidup ,
dan Konsumerisme
Modernitas yang terjadi di abad
sekarang memberikan sumabangan besar dalam mengubah karakter gaya hidup dan
cara berpikir orang-orang dewasa ini. Dengan informasi yang muncul kepermukaan
menjadi hal priorotas seningga muncul kata “ Tidak mau ketinggalan jaman”.
Perubahan yang terjadi bisa dilihat dari sudut pandang fisik maupun non fisik .
dari segi fisik adalah bagaiaman seseoranag berapakaian atau fashionable
dari tatan rambut, pernak-pernik yang dipakai dan hal lain dimulai dari
ujung rambut sampai ujung kaki. Hal yang tidak terlihat adalah dari cara
berpikir dan keinginan dari setiap individu yang ada.
Konsumerisme tak terhindarkan
didorong dengan wawasan keinginan dan super ego yang tidak kuat . Dengan
serba-serba yang ada saat ini menjadikan individu memiliki motovasi untuk
menjadi konsumerisme. Dituntut dan mendapat tekanan terlebih dengan dorongan
diri yang mencari eksistensi diri. Media masih menjadi peran utama dalam semua
aktivitas itu . dengan kekuatan dan afek media seperti teori Jarum Hipodermic bahwa komunikan berlaku pasif
dengan kemajuan dan informasi ada hanya menerima saja . Namun teori Hipodermic yang telah diperbaharui tetap
berlaku bahwasannya komunikas aktif juga untuk merespon dengan menolak ataupun
mengikutinya .
Tinggal kontroling yang
diterapakan dalam setiap lini kehidupan dengan menyaksikan kemajuan teknologi
yang ada serta menggukan hal tersbut sebagai acuan posiif yang akan
mendatangkan manfaat.
0 komentar:
Posting Komentar